Pengertian Penyebab Diagnosis dan Pengobatan Neuroblastoma

Pengertian Neuroblastoma

Neuroblastoma adalah kanker pada sistem saraf yang sering ditemukan pada masa kanak-kanak dan umumnya usia 5 tahun.
Gejala yang dirasakan akan berbeda-beda tergantung dimana lokasi tubh yang diserang. Tapi gejala utamanya adalah deman, hilang nafsu makan dan penurnan berat badan.



Penyebab Neuroblastoma

Umumnya setelah lahir , manusia tidak lagi memiliki neuroblasts atau sel saraf yang belum matang. Jika pun ada, neuraoblasts akan berangsur-angsur matang atau hilang dengan sendirinya. Namun pada kasus neuroblastoma, sisi neuroblasts tidak matang atau menghilang, melainkan berkembang dan membentuk tumor. Hingga saat ini belum ditemukan apa penyebab yag meyebabkan sel saraf yang belum matang bermutasi dan berkembag menjadi neuroblastoms. Kasus ii di duga berhbngan degan faktor genetik, ras dan lingkungan.

Diagnosis Neuroblastoma

  • Wawan cara dan pemeriksaan fisik.
  • Tes darah dan urin untuk mengetahui kadar ketokolamin. Seorang yang mengidap neuroblastoma biasanya mempuyai kadar zat katekolami yang sangat tinggi didalam tubuhya.
  • Pencitraan. seperti USG, CT-scan dan MRI scan. Prosedur ini bertujuan  untuk melihat daya gumpalan dan penyebaran tumor dibagian tubuh.
  • Biopis. Untuk  melakukan pengambilan dan pengujian sampel sel kanker di laboratorium.

Pengobatan Neuroblastoma


  1. Operasi. Bertujuan untuk mengangkat tumor, hanya dapat dilakukan apabila tumor memiliki risiko rendah yang telah dibuktikan belum ada penyebaran jauh. Untuk benar –benar sembuh setelah operasi sangat tergantung pada lokasi dan ukuran tumor, karena tumor yang besar dan melekat kuat atau melekat pada organ vital sangat berisiko untuk diangkat semua.
  2. Kemoterapi. Bertujuan untuk mematikan sel – sel tumor dengan menggunakan obat – obatan, namun kemoterapi ini juga memberikan pengaruh terhadap sel – sel yang sehat. Kemoterapi dan operasi dapat dikombinasikan pada tumor yang berisiko menengah, sedangkan untuk tumor yang berisiko tinggi operasi tidak dapat dilakukan da kemoterapi merupakan pilihan terapi.
  3. Terapi radiasi. Bertujuan untuk menghancurkan sel – sel tumor dengan menggunakan sinar-X. Terapi ini juga merusak sel – sel sehat. Terapi ini dilakukan apabila terapi dengan kemoterapi tidak memberikan hasil maksimal.




Artikel Terkait Pengertian Penyebab Diagnosis dan Pengobatan Neuroblastoma :

Powered by Blogger.